Sejarah Koperasi Kredit

Artikel
Patung FW Raiffeisen di Balaikota Flammers Field

Sejarah koperasi kredit dimulai pada abad ke-19. Ketika Jerman dilanda krisis ekonomi karena badai salju yang melanda seluruh negeri. Para petani tak dapat bekerja karena banyak tanaman tak menghasilkan. Penduduk pun kelaparan. Situasi ini dimanfaatkan oleh orang-orang berduit. Mereka memberikan pinjaman kepada penduduk dengan bunga yang sangat tinggi. Sehingga banyak orang terjerat hutang. Oleh karena tidak mampu membayar hutang, maka sisa harta benda mereka pun disita oleh lintah darat.

Kemudian tidak lama berselang, terjadi Revolusi Industri. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia diambil alih oleh mesin-mesin. Banyak pekerja terkena PHK. Jerman dilanda masalah pengangguran secara besar-besaran.

Melihat kondisi ini wali kota Flammers Field, Friedrich Wilhelm Raiffeisen merasa prihatin dan ingin menolong kaum miskin. Ia mengundang orang-orang kaya untuk menggalang bantuan. Ia berhasil mengumpulkan uang dan roti, kemudian dibagikan kepada kaum miskin.

Ternyata derma tak memecahkan masalah kemiskinan. Sebab kemiskinan adalah akibat dari cara berpikir yang keliru. Penggunaan uang tak terkontrol dan tak sedikit penerima derma memboroskan uangnya agar dapat segera minta derma lagi. Akhirnya, para dermawan tak lagi berminat membantu kaum miskin.

Raiffeisen tak putus asa. Ia mengambil cara lain untuk menjawab soal kemiskinan ini. Ia mengumpulkan roti dari pabrik-pabrik roti di Jerman untuk dibagi-bagikan kepada para buruh dan petani miskin. Namun usaha ini pun tak menyelesaikan masalah. Hari ini diberi roti, besok sudah habis, begitu seterusnya.

Berdasar pengalaman itu, Raiffeisen berkesimpulan: “kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri. Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan pinjaman adalah watak si peminjam.”

Untuk mewujudkan impian tersebutlah Raiffeisen bersama kaum buruh dan petani miskin akhirnya membentuk koperasi bernama Credit Union (CU) artinya, kumpulan orang-orang yang saling percaya.

Credit Union yang dibangun oleh Raiffeisen, petani miskin dan kaum buruh berkembang pesat di Jerman, bahkan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Pada tahun 1864 Friedrich Wilhelm Raiffeisen mendirikan serikat kredit pertama pedesaan di Heddesdorf (sekarang bagian dari Neuwied) di Jerman [23]. Walaupun Schulze-Delitzsch dapat mengklaim didahulukan kronologis, Raiffeisen sering dipandang sebagai saat ini lebih penting. Masyarakat pedesaan di Jerman menghadapi kekurangan berat jauh lebih lembaga keuangan dari kota-kota. Mereka dipandang sebagai unbankable karena sangat kecil, arus musiman kas dan sumber daya manusia yang sangat terbatas. Metode organisasi Raiffeisen halus sana, yang terungkit apa yang sekarang disebut modal sosial, telah menjadi ciri dari identitas serikat kredit global.

Pada saat kematian Raiffeisen di 1888, serikat kredit telah menyebar ke Italia, Perancis, Belanda, Inggris dan Austria, antara bangsa-bangsa lain. Nama Raiffeisen masih digunakan oleh Raiffeisenbank, kelompok perbankan terbesar di Austria (dengan anak perusahaan di seluruh Eropa Tengah dan Timur), Rabobank (Belanda) dan juga bernama serikat kredit pertanian di Jerman.

Serikat kredit pertama di Amerika Utara, Caisse Populaire de Levis di Quebec, Kanada, mulai beroperasi pada 23 Januari 1901 dengan deposit sepuluh sen. Pendiri Alphonse Desjardins, wartawan di parlemen Kanada, dipindahkan untuk mengambil misinya pada tahun 1897 ketika ia belajar dari Montrealer yang telah diperintahkan oleh pengadilan untuk membayar hampir $ 5.000 dalam bunga atas pinjaman sebesar $ 150 dari rentenir. Menggambar ekstensif pada preseden Eropa, Desjardins mengembangkan model paroki berbasis unik untuk Quebec: yang Populaire Caisse.

Di Amerika Serikat, St Mary’s Bank Credit Union of Manchester, memegang New Hampshire perbedaan sebagai serikat kredit pertama. Dibantu oleh kunjungan pribadi dari Desjardins, St Mary didirikan oleh imigran berbahasa Prancis ke Manchester dari Quebec pada 24 November 1908. Amerika Credit Union Museum ini menempati lokasi rumah dari mana St Mary’s Bank Credit Union pertama dioperasikan.

Pierre Jay, kemudian Massachusetts Komisaris Bank dan Edward Filene, seorang pedagang Boston, yang sentral dalam membentuk undang-undang memungkinkan di Massachusetts pada tahun 1909. The Woman’s Pendidikan dan Industri Uni, dikreditkan dengan banyak inisiatif pelayanan sosial, mendengar dari model keuangan koperasi dan menulis kepada Desjardins. Dia menyediakan mereka dengan data yang mereka butuhkan dan pada tanggal 23 November 1910, mereka menciptakan Industrial Credit Union, serikat kredit pertama non-keagamaan atau masyarakat, didirikan untuk semua orang dalam komunitas Boston yang lebih besar. St Mary’s Credit Union (jangan dikelirukan dengan St Mary’s Bank Credit Union) didirikan pada Marlborough, MA pada tahun 1913. Pelayanan setiap penduduk Persemakmuran Massachusetts, St Mary’s Credit Union adalah seluruh negara bagian tertua Credit Union nasional “St Mary’s Credit Union”.

Filene juga menciptakan Credit Union Extension Nasional Biro, pendahulu dari Credit Union National Association, yang dibentuk sebagai suatu konfederasi dari liga negara pada pertemuan di Estes Park, Colorado tahun 1934. Peserta pertemuan termasuk Dora Maxwell yang akan pergi untuk membantu membangun ratusan serikat kredit dan program untuk McCarren Louise miskin dan Herring, yang bekerja untuk membentuk serikat kredit dan memastikan pengoperasian yang aman mereka menerima gelar “Ibu Kredit Serikat” dalam Amerika Serikat.

Pada tahun yang sama, Kongres lulus Federal Credit Union Act, yang diizinkan serikat kredit yang akan diselenggarakan di mana saja di Amerika Serikat. Undang-undang ini memungkinkan credit union untuk menggabungkan dengan salah satu hukum negara bagian atau federal, sistem penyewaan ganda yang berlanjut hingga hari ini.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.abettercreditunion.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi_kredit
http://www.perspektifbaru.com/wawancara/605
http://www.antaranews.com/view/?i=1182836295&c=ART&s=
http://en.wikipedia.org/wiki/Federal_Credit_Union_Act
http://en.wikipedia.org/wiki/Credit_union

Leave a Reply

Your email address will not be published.